Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tahap-Tahap Sosialisasi - Sosiologi

Konten [Tampil]

Tahap persiapan (Preparatory Stage)

Yaitu persiapan untuk mengenal dunia sosialnya, termasuk persiapan untuk memperoleh pemahaman tentang diri. Berdasarkan kemampuan berpikirnya, manusia diawal kehidupannya melakukan kegiatan meniru secara tidak sempurna.
Misal : Balita yang diajar mengucapkan kata “Mama”, diucapkan balita sebagai “Ma”. Mengapa ? karena makna ucapan ini belum dipahami secara utuh. Lama kelamaan anak akan mengingat kemampuannya untuk meniru dan kesadaran akan dirinya mulai terbentuk

Tahap Meniru (Play Stage)

Bahwa kemampuan untuk menempatkan diri pada posisi orang lain mulai terbentuk. Dalam tahap ini akan melakukan tiruan secara sempurna. Misalnya meniru polisi, ibu, seorang guru, dan peran-peran lainnya. Sehingga anak butuh orang-orang yang dianggap penting bagi pembentukan dan bertahannya diri. Biasanya disebut dengan “Significant Other”

Tahap Siap Bertindak (Game Stage)

Maksudnya manusia merupakan pribadi yang menjadi partisipan aktif dalam masyarakat. Pada tahap ini, peniruan yang dilakukan manusia mulai berkurang. Ia mulai melakukan peranan secara langsung dengan penuh kesadaran. Anak mulai menyadari adanya tuntutan untuk membela keluarga dan berkerjasama dengan teman-teman. Kemantapan diri juga sudah lebih tinggi. Misal : dia mulai menyadari fungsi norma yang harus ditaati.

Tahap Penerimaan Norma Kolektif (Generalized Other)

Bahwa manusia disebut sebagai orang dewasa. Arti penting kehadiran peraturan semakin disadari. Kemampuan berkerjasama dengan orang yang belum dikenalnya menjadi mantap.

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

Post a Comment for "Tahap-Tahap Sosialisasi - Sosiologi"