Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Ekologi dan Ekosistem Beserta Komponen Ekosistem

Konten [Tampil]

Pengertian

Ekologi pertama kali diperkenalkan pada tahun 1866 oleh E. Haeckel (ahli biologi Jerman). Ekologi berasal dari dua akar kata Yunani (oikos = rumah dan logos = ilmu), sehingga secara harfiah bisa diartikan sebagai kajian organisme hidup dalam rumahnya. Secara lebih formal  ekologi ekologi didefenisikan sebagai kajian yang mempelajari hubungan timbal balik antara organisme-organisme hidup dengan lingkungan fisik dan biotik secara menyeluruh.

Ekosistem adalah suatu sistem kesatuan yang terbentuk antara komunitas organisme hidup dan lingkungan fisik sekitarnya. Ekosistem yang terbesar di dunia disebut biosfer. Lingkungan merupakan segala sesuatu yang terdapat disekeliling makhluk hidup, kecuali makhluk hidup itu sendiri. Komponen penyusun ekosistem terdiri dari dua macam, yaitu komponen abiotik dan biotik. Komponen biotik adalah komponen yang terdiri atas makhluk hidup, sedangkan komponen abiotik adalah komponen yang terdiri atas benda mati. Seluruh komponen biotik dalam suatu ekosistem membentuk komunitas. Dengan demikian, ekosistem dapat diartikan sebagai kesatuan antara komunitas dengan lingkungan abiotiknya.

Komponen Ekosistem

Komponen Abiotik

Komponen abiotik merupakan komponen ekosistem yang bersifat tak hidup. Komponen abiotik terdiri atas segala sesuatu tak hidup dan secara langsung terkait pada keberadaan organisme, antara lain sebagai berikut

1. Tanah

Tanah berperan penting bagi tumbuhan, hewan, dan manusia, sebagai tempat tumbuh dan hidupnya tanaman, melakukan aktivitas kehidupan, tempat berlindungnya hewan tertentu seperti tikus dan serangga, serta sumber nutrisi bagi tanaman.

2. Air

Keadaan air sangat ditentukan oleh faktor-faktor berikut
  1. Salinitas atau kadar garam bagi organisme yang hidup pada habitat air sangat berpengaruh
  2. Curah hujan memengaruhi jenis organisme yang hidup pada suatu tempat
  3. Penguapan memengaruhi adaptasi tanaman pada tempat tertentu
  4. Arus air memengaruhi janis hewan dan tumbuhan yang dapat hidup pada habitat air tertentu

3. Udara

Kondisi udara pada suatu tempat sangat dipengaruhi oleh hal-hal sebagai berikut
  1. Cahaya matahari
  2. Kelembapan
  3. Air

4. Topografi

Topografi udara pada suatu tempat di permukaan bumi ditinjau pada ketinggian dari permukaan air laut, garis jujur, dan garis lintang.

5. Iklim

Iklim merupakan kombinasi berbagai komponen abiotik pada suatu tempat, seperti kelembapan udara, suhu, cahaya, curah hujan, dan lain-lain.

Komponen Biotik

Komponen biotik dikelompokkan sebagai berikut.

a. Berdasarkan Cara Memperoleh Makanan

  1. Organisme autotrof, merupakan organisme yang dapat mengubah bahan organik menjadi organik (dapat membuat makanan sendiri)
  2. Organisme heterotrop, adalah organisme yang memperoleh bahan organik dari organisme lain. Contohnya hewan, jamur dan bakteri nonautotrof.

b. Berdasarkan Kedudukan Fungsional dalam Ekosistem (Niche)

  1. Produsen, semua organisme autotrop
  2. Konsumen, semua organisme heterotrof. Contohnya karnivora, herbivora, dan omnivora.
  3. Pengurai atau perombak, organisme yang mampu menguraikan organisme mati menjadi mineral atau bahan anorganik kembali. Contohnya bakteri dan jamur.
  4. Detritivora, organisme yang memakan bahan organik dan diubah menjadi partikel organik yang lebih kecil strukturnya. Contohnya cacing tanah dan kumbang kotoran.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

Post a Comment for "Pengertian Ekologi dan Ekosistem Beserta Komponen Ekosistem"