Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Teori Ekonomi Makro

Konten [Tampil]
Dalam perkembangan perekonomian masalah ekonomi muncul pada tahun 1930-an, yaitu terjadi depresi besar melanda dunia. Pada masa tersebut lahirlah ekonom baru yaitu John Maynard Keynes yang menerbitkan buku General Theory of Employment, Interest, and Money yang kemudian menjadi dasar perkembangan teori ekonomi makro. Menurut Keynes, dalam perkembangan perekonomian perlu adanya campur tangan pemerintah. Pemerintah berperan sebagai penyedia  barang dan jasa publik karena sektor swasta tidak mungkin melaksanakannya karena tidak menjanjikan keuntungan dan membutuhkan investasi yang besar.

Teori ekonomi makro mempelajari totalitas atau keseluruhan masalah-masalah dalam kegiatan perekonomian. Secara umum, masalah utama ekonomi makro yang dihadapi suatu negara antara lain masalah pertumbuhan ekonomi, masalah ketidakstabilan kegiatan ekonomi, masalah pengangguran, masalah inflasi, serta masalah ketimpangan neraca pembayaran dan perdagangan. Di samping menjelaskan masalah-masalah ekonomi, teori ekonomi makro juga menerangkan kebijakan-kebijakan yang diterapkan pemerintah untuk mengatasi masalah-masalah tersebut.

Bila ditinjau lebih jauh, ekonomi makro membahas isu-isu penting yang selalu dihadapi suatu perekonomian. Analisis ekonomi makro meliputi hal-hal berikut.

  1. Faktor-faktor yang menentukan kegiatan ekonomi suatu negara
  2. Masalah-masalah yang dihadapi setiap perekonomian suatu negara.
  3. Peran pemerintah dalam mengatasi masalah-masalah ekonomi.


Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

Post a Comment for "Teori Ekonomi Makro"