Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Litosfer Dan Manfaat Bagi Kehidupan Manusia

Konten [Tampil]

Pengertian Litosfer

Litosfer adalah bagian terluar bumi yang bermanfaat untuk pembungkus. Litosfer berasal dari kata lithos yang mempunyai arti batuan dan sphare yang mempunyai arti lapisan. Unsur penyusun litosfer ialah oksigen (46,6%), silikon (27,7%), alumunium (8,1%), besi (5%), kalsium (3,6%), natrium (2,8%), kalium (2,6%) , dan magnesium (2,1%).

Litosfer disebut juga sebagai lapisan kulit bumi. Kulit bumi ini tidaklah merata. Kulit bumi dibagian benua atau daratan lebih tebal daripada di bawah samudra. Kulit bumi berhubungan dengan relief bumi. Relief bumi ini memiliki bentuk yang beragam. Jika kita melakukan penelitian diatas gunung atau daratan yang lebih tinggi, maka kita akan melihat relief bumi yang beragam/bervariasi, dari gunung, lembah, daratan rendah, sungai dan lain-lain. Ketampakan relief bumi ini tidaklah sama anatar masa lalu, sekarang, dan masa yang akan datang. Relief ini banyak mengalami perubahan bentuk, baik dalam waktu yang sangat cepat maupun lambat.

Bumi Terdiri Dari Tiga Lapisan, Yaitu :

Inti Bumi (Terdiri dari Besi dan Nikel)

Inti bumi mempunyai jari-jari ± 3.450 km, dengan volume kurang dari 20% volume bumi, inti bumi ada dua yaitu inti dalam dan inti luar
  1. Inti dalam, bersifat padat, jari-jari ± 1.200 km, dan suhu ± 4.800⁰C. Tersusun dari kristal besi atau kristal besi nikel.
  2. Inti luar, berupa zat cair yang sangat kental, ketebalan ± 2.250 km dan suhu ± 3.900⁰C

Mantel

Mantel merupakan lapisan bumi yang mempunyai ketebalan ± 2.900 km, suhu ± 1.500⁰C – 3.000⁰C, serta tersusun oleh batuan yang mengandung silikat dan magnesium.

Kerak Bumi

Ada dua macam kerak bumi, yaitu kerak benua dan kerak samudra, kurang lebih 65% kerak bumi merupakan kerak samudra
  1. Kerak benua, kerak pembentuk benua disebut juga lapisan sial karena tersusun dari material silisium dan alumunium, ketebalannya ±30 km, dan didaerah pegunungan ±70 km
  2. Kerak samudra, dibawah lapisan kerak samudra atau lapisan sima (tersusun dari material silisium dan magnesium), lapisan sima membentuk kerak bawah laut dengan ketebalan ±6 km
Baca Juga : Macam-Macam Batuan Pembentuk Permukaan Bumi

Manfaat Litosfer dalam Kehidupan

Litosfer merupakan tempat melakukan aktifitas bagi manusia serta makhluk hidup lainnya. Litosfer juga sebagai tumbuhnya berbagai jenis tumbuhan. Dengan keberadaan litosfer manusia dan hewan dapat mengambil berbagai manfaat dari unsur-unsur yang terkandung di dalam litosfer.

Manfaat Litosfer tersebut antara lain sebagai berikut :

  1. Untuk kebutuhan industri, seperti industri elektronika, industri peralatan rumah tangga, industri bahan bangunan, maupun industri kendaraan bermotor dapat memanfaatkan unsur besi dan alumunium
  2. Dalam lapisan litosfer banyak terkandung berbagai mineral seperti intan, emas, perak, dan lainnya
  3. Unsur uranium meskipun dengan jumlah yang sedikit dan terbatas dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi dan pembuatan bahan peledak.
  4. Dalam kegiatan pertanian juga memanfaatkan unsur pada litosfer seperti pupuk berupa NPK (Nitrogen, Phosphat, dan Kalium)
Demikian adalah Pengertian Litosfer dan Manfaat Litosfer, semoga dapat membantu dan bermanfaat. Terimakasih.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

Post a Comment for "Pengertian Litosfer Dan Manfaat Bagi Kehidupan Manusia"