Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

41 Pengertian Sistem, Menurut Para Pakar Beserta Contohnya

Daftar Isi [Tampilkan]
41 Pengertian Sistem, Menurut Para Pakar Beserta Contohnya - Pengertian sistem adalah merupakan kumpulan unsur yang bergabung menjadi satu dan mempunyai tujuan yang sama. Unsur-unsur yang ada dalam sistem saling berhubungan satu sama lain sehingga bisa memudahkan arus informasi agar bisa mencapai tujuan bersama. Dalam sistem terdapat pelbagai unsur penggerak yang saling berinteraksi guna mencapai tujuan yang diinginkan.

Contoh sistem adalah tubuh manusia yang terdiri atas sistem ekskresi, panca indera, sistem pernafasan, dan sebagainya. Tubuh mempunyai komponen-komponen dengan fungsinya masing-masing dan mempunyai tujuan yang sama. Unsur-unsur tersebut saling berhubungan satu sama lain. Untuk lebih jelasnya, berikut penjelasan mengenai pengertian sistem menurut para ahli.

Pengertian Sistem Menurut Para Ahli

Pengertian Sistem Menurut Para Ahli
Terdapat beberapa pengertian sistem yang dikemukakan oleh para ahli, antara lain :
  1. Indrajit
    Sistem merupakan perkumpulan komponen yang mempunyai hubungan antara komponen yang satu dengan lainnya.
  2. Djekky R. Djoht
    Sistem merupakan pengelompokan objek-objek yang dipersatukan oleh bentuk interaksi yang saling tergantung atau tetap, sekelompok unit berbeda yang dikombinasikan dengan sedemikian rupa oleh alam atau seni hingga membentuk keseluruhan yang integral dan beroperasi, bergerak, atau berfungsi dalam satu kesatuan.
  3. L. Ackof
    Sistem merupakan setiap kesatuan secara konseptual yang terdiri dari bagian-bagian yang saling tergantung satu sama lainnya.
  4. Lani Sidharta
    Sistem adalah sekumpulan unsur dimana unsur-unsur tersebut saling beroperasi dan berkaitan dalam mencapai tujuan sama.
  5. Azhar Susanto
    Sistem merupakan kumpulan dari subsistem atau komponen atau bagian apapun baik fisik atau non fisik yang berhubungan satu sama lain serta bekerja sama dengan harmonis guna mencapai suatu tujuan.
  6. Zulkufli A.M.
    Sistem merupakan himpunan suatu “benda” nyata atau abstrak yang terdiri atas bagian-bagian yang saling berketergantungan, berkaitan, berhubungan, serta saling mendukung yang secara keseluruhan bersatu dalam satu kesatuan guna mencapai tujuan secara efektif dan efisien.
  7. Harijono Djojodihardjo
    Pengertian sistem merupakan gabungan obyek yang memiliki hubungan baik dari segi fungsi atau tiap-tiap ciri-ciri obyek dengan keseluruhan menjadi kesatuan yang memiliki fungsi.
  8. Umar Fahmi Achmadi
    Pengertian sistem adalah suatu tatanan yang menggambarkan rangkaian komponen-komponen yang mempunyai hubungan dan tujuan bersama secara serasi dan terkoordinasi yang berjalan dalam jangka waktu tertentu dan terencana.
  9. Colin Cherry
    Pengertian sistem adalah keseluruhan yang dibentuk oleh assambel atau beberapa bagian yang berasal dari sifat serta bagian-bagiannya.
  10. Pamudji
    Definisi sistem merupakan suatu kebulatan yang kompleks atau keseluruhan yang terorganisir. Pengertian sistem merupakan paduan himpunan dari hal-hal sehingga dapat membentuk keseluruhan yang utuh. Keseluruhan yang utuh tersebut mencakup berbagai macam komponen termasuk sistem. Sistem mempunyai fungsinya masing-masing serta berkaitan antara satu sistem bersama dengan sistem lainnya untuk mencapai tujuan.
  11. Sumantri
    Pengertian sistem adalah sekelompok bagian yang saling mengisi dan bekerjasama untuk menjalankan maksud tertentu. Apabila terdapat salah satu sistem yang mengalami kerusakan maka dapat berpengaruh terhadap sistem lainnya. Hal ini yang membuat bagian tersebut tidak dapat menjalankan fungsinya secara maksimal.
  12. Prajudi
    Definisi sistem merupakan jaringan yang terdiri dari berbagai prosedur yang saling terikat. Adanya keterikatan tersebut didasarkan oleh pola yang bulat yang menggerakkan fungsi utama ataupun urusan.
  13. R. Fagen dan A. Hall
    Sistem merupakan sekumpulan objek yang memiliki hubungan antara masing-masing obyek termasuk sifat-sifat yang mereka miliki.
  14. Voich dan Shrode
    Pengertian sistem adalah sekumpulan bagian atau unsur yang saling bergantung, bekerja sama, dan saling berhubungan untuk mencapai tujuan dalam lingkungan yang utuh dan kompleks.
  15. Robert Allen dan Mark Victor Hansen
    Sistem merupakan suatu prosedur yang terorganisir dan mapan yang dapat membuahkan hasil.
  16. Edgar F. Huse dan James L. Bowdict
    Sistem adalah rangkaian dari beberapa bagian yang saling berhubungan dan bergantung sedemikian rupa, sehingga dapat menimbulkan interaksi dan saling pengaruh.
  17. O’brien
    Sistem yaitu sekelompok komponen yang saling berhubungan dan bekerja sama dalam mencapai tujuan dengan menerima input dan menghasilkan output dalam transformasi teratur.
  18. Arifin Rahman
    Definisi sistem berarti sekumpulan prinsip, pendapat, dan unsur-unsur lain yang mempunyai bentuk sebagai kesatuan yang berhubungan.
  19. Ludwig Von BertallanffyPengertian sistem menurut Ludwig Von Bertallanffy adalah sekumpulan unsur yang berada pada kondisi saling berinteraksi.
  20. Jerry Futz Gerald
    Sistem merupakan suatu jaringan kerja daripada berbagai prosedur yang saling berkaitan, berkumpul bersama-sama supaya dapat beroperasi dalam sebuah kegiatan atau menyelesaikan suatu tujuan.
  21. Jogianto
    Pengertian sistem adalah gabungan dari banyak elemen yang mempunyai hubungan serta saling berinteraksi untuk menyelesaikan tujuan tertentu. Sistem dapat digambarkan sebagai kejadian yang nyata yaitu berupa benda, orang yang nyata, atau manusia.
  22. Murdick, R.G
    Definisi Sistem merupakan kumpulan elemen yang di dalamnya terdapat suatu prosedur yang digunakan untuk mencari tujuan bersama dengan cara pengoperasian data dan barang pada saat tertentu. Cara tersebut bertujuan guna mendapatkan data atau informasi yang diinginkan.
  23. Sukarna
    Pengertian sistem adalah sekumpulan kepercayaan, fakta, pendapat dan sebagainya yang tersusun secara teratur, semisal sistem filsafat.
  24. Simatupang
    Sistem adalah kesatuan yang kompleks atau rumit yang dibentuk oleh bagian-bagian yang berbeda-beda dan saling terikat pada rencana yang sama atau kontribusi yang bertujuan untuk dapat mencapai tujuan bersama.
  25. Andri Kristanto
    Sistem merupakan jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berkaitan, berkumpul untuk melakukan aktivitas atau menyelesaikan target tertentu.
  26. Davis, G.B
    Definisi sistem merupakan gabungan dari elemen-elemen yang bekerja sama guna mencapai target.
  27. Musanef
    Pengertian Sistem adalah kesatuan yang utuh dari rangkain-rangkaian yang saling terikat. Anak cabang atau bagian kecil dari sistem menjadi induk sistem dari rangkaian yang selanjutnya. Kondisi tersebut terus terjadi hingga tiba saat terdapat bagian yang dapat mengganggu kestabilan sistem itu sendiri.
  28. W.J.S Poerwadarminta
    Powerwadrminta menyatakan bahwa sistem merupakan sekelompok alat dan sebagainya yang saling bekerjasama agar dapat melakukan suatu maksud tertentu.
  29. Anatol Raporot
    Sistem adalah kumpulan perangkat dan kesatuan yang berhubungan satu sama lain.
  30. McLeod
    Sistem adalah elemen-elemen yang terintegrasi dengan maksud untuk mencapai tujuan.
  31. Lucas
    Sistem adalah himpunan komponen-komponen yang terorganisasi, saling bergantungan, dan saling berinteraksi satu sama lain dan terpadu.
  32. Wilkinson
    Definisi sistem merupakan kerangka kerja terpadu yang memiliki satu sasaran atau lebih. Sistem dapat mengkoordinasikan sumber daya yang diperlukan guna mengubah masukan menjadi keluaran. Sumber daya tersebut dapat berupa mesin, manusia, bahan, ataupun tenaga surya tergantung dari jenis sistem yang dibicarakan.
  33. L. James Havery
    Definisi sistem adalah prosedur logis dan rasional yang digunakan untuk merancang atau melakukan rangkaian komponen yang berhubungan satu sama lain.
  34. C.W. Churchman
    Sistem adalah seperangkat bagian yang dikoordinasikan dengan harmonis dan selaras untuk melaksanakan seperangkat pada tujuan tertentu.
  35. Salisbury
    Pengertian sistem adalah sekelompok komponen-komponen yang bekerja sama sebagai kesatuan fungsi.
  36. Bonnie Soeherman dan Marion Pinontoan
    Definisi sistem adalah serangkaian komponen yang saling berinteraksi serta bekerja sama dalam mencapai tujuan tertentu.
  37. Pilecki
    Sistem merupakan objek-objek dan menghubungkan objek tersebut dengan atributnya. Sistem merupakan kesatuan yang terdiri dari atribut dari bagian, bagian-bagian, dan hubungan bagian dengan atribut.
  38. Inu Kencana Syafie
    Definisi sistem adalah kesatuan utuh dari rangkaian-rangkaian yang terikat satu dengan yang lainnya.
  39. Webster’s Unabridged
    Definisi sistem adalah sekumpulan elemen yang saling berhubungan dan membentuk satu kesatuan atau organisasi.
  40. J.C. Hinggins
    Sistem merupakan seperangkat bagian yang saling berhubungan satu sama lain.
  41. Koentjaraningrat
    Definisi sistem adalah susunan-susunan yang berfungsi dan bergerak.

Unsur-unsur Sistem

41 Pengertian Sistem, Menurut Para Pakar Beserta Contohnya
Untuk mengetahui apakah hal tersebut dapat dianggap sistem, maka harus terdapat lima unsur utama, antara lain.
1) Terdapat tujuan bersama atau output sebagai hasil akhir.
2) Berada pada lingkungan yang utuh dan kompleks.
3) Terdapat kumpulan objek.
4) Terdapat sesuatu yang mengikat unsur-unsur menjadi satu kesatuan.
5) Terdapat interaksi atau hubungan antara elemen-elemen atau unsur-unsur.

Jenis-jenis sistem

Jenis-jenis sistem
Terdapat beberapa tipe sistem berdasarkan kategori:
1) Atas dasar keterbukaan yaitu sistem terbuka, di mana pihak luar dapat memengaruhinya. Dan sistem tertutup.
2) Atas dasar komponen yaitu sistem fisik berisikan komponen materi dan energi. Dan sistem non-fisik, berisikan ide-ide.

Ciri-ciri Sistem

Ciri-ciri Sistem
Ciri-ciri sistem dibagi menjadi delapan bagian, berikut penjelasannya :
  1. Komponen Sistem
    Sistem terdiri dari komponen-komponen yang saling berhubungan, itu artinya komponen-komponen tersebut saling bekerja sama membentuk satu kesatuan. Pada suatu komponen sistem terdiri dari komponen berupa beberapa bagian dari sistem atau subsistem.
  2. Batasan Sistem (Boundary)
    Salah satu ciri-ciri sistem yaitu batasan sistem (boundary) termasuk daerah yang membatasi antara satu sistem dengan sistem yang lainnya atau dengan lingkungan luarnya. Batasan sistem tersebut memungkinkan sistem dapat dipandang sebagai satu kesatuan. Batasan sistem (boundary) menampilkan scope atau ruang lingkup pada sistem tersebut.
  3. Lingkungan Luar Sistem
    Lingkungan luar sistem merupakan diuar batas dari sistem yang memengaruhi operasi sistem tersebut. Lingkungan dapat bersifat menguntungkan bagi sistem dan harus dijaga, sedangkan yang tidak menguntungkan harus dikendalikan, kalau tidak akan mengganggu kelangsungan hidup sistem tersebut.
  4. Penghubung Sistem (Interface)
    Penghubung sistem atau interface merupakan suatu media penghubung antara satu subsistem dengan subsistem lainnya. Lewat penghubung maka memungkinkan berbagai macam sumber daya akan mengalir dari subsistem ke subsistem lainnya. Keluaran (output) dari subsistem akan berubah menjadi input untuk subsistem lainnya dengan melewati penghubung.
  5. Masukan Sistem atau input
    Masukan sistem atau input yaitu energi yang dimasukkan pada sistem dapat berupa maintenance input atau perawatan dan signal input atau. Maintenance Input adalah energi yang dimasukkan agar sistem dapat berjalan. Signal input adalah energi yang sudah diproses untuk mendapatkan keluaran. Contohnya adalah sistem program komputer yang merupakan maintenance input, sedangkan data yaitu signal input atau masukan sinyal untuk mengolah menjadi informasi.
  6. Keluaran sistem atau output
    Keluaran sistem atau output adalah hasil dari energi yang telah diklasifikasikan dan diolah menjadi output atau keluaran yang bermanfaat dan sisa pembuangan. Contohnya adalah komputer yang dapat menghasilkan panas termasuk sisa pembuangan, sedangkan informasi adalah keluaran yang dibutuhkan.
  7. Pengolah sistem
    Sistem menjadi bagian pengolah yang akan mengubah input menjadi output. Sistem akuntansi akan mengolah data menjadi laporan keuangan. Sistem produksi tersebut akan mengolah yang awalnya bahan baku menjadi bahan jadi.
  8. Sasaran sistem
    Sistem pasti mempunyai sasaran atau tujuan berupa objek. Sasaran sistem tersebut sangat menentukan input yang diperlukan sistem dan output yang akan dihasilkan.

Contoh Sistem Informasi

Terdapat beberapa contoh sistem informasi di dalam kehidupan sehari hari, antara lain :
  1. Sistem layanan/informasi akademis
    Sistem layanan/informasi akademis
    Sistem layanan/informasi akademis dapat memungkinkan bagi para mahasiswa untuk memperoleh data-data akademis serta mendaftar mata kuliah yang akan diambil pada tiap semester. Dengan adanya sistem layanan sistem informasi seperti ini dapat memudahkan para mahasiswa untuk setiap kepentingannya, seperti ketika mengisi KRS kita tidak perlu berangkat ke kampus. Kita sudah dapat mengaksesnya lewat internet sehingga layanan tersebut dapat di akses dimana saja. Semua informasi dapat kita dapatkan, mulai dari rekap nilai dan pendaftaran-pendaftaran seperti wisuda, KKN, dan sebagainya.
  2. Sistem pemesanan tiket online
    Sistem pemesanan tiket online
    Sistem pemesanan tiket secara online misalnya pemesanan tiket pesawat, kereta, atau bahkan bis. Dengan melalui sistem informasi ini, kita tidak harus antre untuk membeli tiket, cukup membuka internet dan melakukan transaksi pemesanan tiket. Dengan adanya sistem ini dapat menghemat waktu dan tenaga.
  3. Sistem SMS Banking dan Internet Banking
    Sistem SMS Banking dan Internet Banking
    SMS Banking merupakan layanan informasi perbankan yang memungkinkan kita untuk mengakses secara langsung melalui handphone dengan menggunakan SMS (short message service). SMS Banking adalah salah satu layanan yang disediakan oleh Bank dengan menggunakan sarana SMS guna melakukan transaksi keuangan serta permintaan informasi keuangan, contohnya seperti cek saldo, pembayaran (kartu kredit), pembelian (pulsa isi ulang), dan mutasi rekening. Biasanya kita harus datang ke Bank atau gerai ATM untuk meregistrasi sistem ini. Kemudian ada juga layanan Internet Banking yang disediakan oleh pihak bank, yaitu transaksi keuangan yang dapat dilakukan dengan menggunakan gadget dan internet.
  4. Video Call
    Video Call
    Sistem dapat membuat kita untuk berkomunikasi dengan teman, kerabat, atau siapa saja menjadi lebih mudah. Banyak aplikasi yang mempunyai fasilitas Video Call tentunya dengan menggunakan koneksi internet atau pulsa.

Pengertian sistem pun dapat dibedakan menjadi beberapa bagian menurut klasifikasinya. Ada yang bersifat alamiah, buatan, abstrak, fisik, spesifik, dan non spesifik, sederhana, kompleks, tertutup, dan terbuka. Apabila hasil kerja tidak melibatkan pihak luar dan berdikari pada usaha sendiri, maka disebut close system. Sedangkan untuk usaha yang bergantung dengan luar, dinamakan open system.

Berbagai hal yang bersifat alami seperti yang terjadi pada tubuh manusia disebut dengan sistem. Semua organ dalam tubuh bekerja dengan maksimal. Contoh sistem reproduksi. Apabila terdapat bagian yang tidak berfungsi dengan normal, maka kinerjanya akan terkendala dan dapat menyebabkan kelainan.

Kinerja komputer pun dipengaruhi oleh sistem. Di mulai dari input data, kemudian analisa, proses, dan output. Tentu hasil yang dicapai dapat sesuai keinginan apabila masing-masing komponen bekerja dengan baik. Apabila terdapat error maka proses akan terhambat dan tidak akan menghasilkan output yang diinginkan.

Itulah pengertian sistem dan contoh sistem. Dapat disimpulkan bahwa sistem sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari kita. Tak perlu bingung dengan beberapa pengertian sistem menurut para ahli. Hal ini karena definisi sistem mengacu pada elemen-elemen yang bekerja sama guna mendapatkan hasil yang diinginkan.